Bahan Dan Jenis Kertas Untuk Produk Percetakan


Dalam dunia percetakan, banyak  bahan dan jenis kertas yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan percetakan. Hasil cetakan tidak selalu bergantung dengan mesin cetak atau tinta cetak. Ada kalanya design yang sudah dibuat dengan baik dan bagus di kacaukan dengan pilihan jenis bahan kertas yang salah sehingga design yang bagus tadi menjadi keliatan murah.

Selain untuk media cetak  jenis kertas juga bisa digunakan khusus untuk membuat objek. Untuk membantu anda memahami jenis kertas kami akan menjelaskan lebih lanjut, maka anda dapat menyimak jenis-jenis kertas yang ada dalam dunia percetakan berikut ini.

Kertas Art Paper & Matt Paper

Bahan kertas yang paling sering digunakan untuk membuat atau mencetak brosur ini berkarakteristik memiliki permukaan licin ( Art Paper ) dan halus ( Matt Paper ). Baha  kertas ini memiliki serat yang bagus sehingga bisa meyerap tinta dengan baik. Jenis Kertras Art Paper dan Matt Paper biasanya tersedia dalam gramasi (satuan berat untuk jenis barang) 100g, 120g, dan 150g.

Kertas Art Carton

Untuk kertas jenis Art Carton memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Art Paper. Hanya saja kertas Art Carton lebih tebal dan sering digunakan untuk membuat kartu nama, cover buku, company profile. Gramasi yang sering   digunakan untuk jenis kertas Art Carton adalah 210g, 230g, 260g, 310g.

Duplex

Kertas duplex termasuk jenis kertas karton. Kertas ini sering digunakan dalam pembuatan box makanan. Biasanya kertas duplex menggunakan gramasi 230g, 250g, 300g.

Kertas Ivory

Bahan kertas Ivory dan Art Carton hampir sama dari segi ketebalan. Bahan Kertas Ivory memiliki satu sisi yang licin. Jenis bahan kertas ivory sering digunakan untuk membuat kemasan kosmetik atau makanan. Gramasi yang digunakan untuk bahan kertas ivory adalah 210g, 230g, 260g, 310g.

Kertas Kraft

Bahan kertas Kraft ini permurkaannya kasar dan berwarna coklat. Bahan dasar kertas Kraft dibuat dari bahan Recycle (daur ulang). Bahan kertas Kraft sering digunakan untuk membuat paperbag atau kemasan makanan. Bahan kertas Kraft yang tersedia biasanya tidak tebal, gramasi yang digunakan adalah 70g dan 80g.

Kertas HVS

Jenis kertas ini mungkin yang paling populer diantara jenis kertas yang lain. Kertas HVS sering diapakai untuk kebutuhan fotocopy. Kertas ini bisa diakatakan sebagai jenis kertas dengan harga paling murah. Kertas HVS juga sering dipakai untuk bahan mencetak selebaran yang hanya dicetak dengan 1 warna. Kertas HVS bahannya tipis dan mudah untuk disobek, Gramasinya mulai dari 60g, 70g, 80g, dan 100g.

Kertas BW / BC

Kertas BW ( Bluish White ) dan BC ( Brief Card ) bertekstur halus, sering digunakan untuk mencetak sertifikat tetapi bisa juga digunakan untuk mencetak kartu nama. Biasanya jenis kertas ini tersedia dalam banyak jenis pilihan warna sehingga dapat menambah pilihan variasi bagi cetakan anda. Gramasi yang tersedia dimulai dari 160g, 220g, dan 250g.

Corrugated

Bahan Corrugated mempunyai ciri-ciri bergelombang di bagian tengah  kertasnya. Kertas ini dapat kita jumpai di produk cetakan seperti dus mie instan, dus barang elektronik. Kertas ini dipakai untuk membungkus alat elektronik seperti komputer karena memang dikenal memiliki bahan yang tebal. Bahan Corrugated berwarna coklat. Hasil cetak di permukaan kertas ini tidak sebagus jika dicetak di bahan kertas lain, karena warna yang dihasilkan tidak bisa nge-blok

Kertas Linen

Kertas ini bertekstur kasar dan bisa ditulis dengan pensil atau pulpen. Sama seperti bahan BW, kertas Linen digunakan cocok digunakan untuk mencetak sertifikat dan bisa juga digunakan sebagai bahan kertas kartu nama. Gramasi yang tersedia untuk kertas bahan linen biasanya 220g dan 250g.

Yellow Board

Kertas Yellow Board ini tebal, sehinnga sering digunakan untuk menjadi rangka dalam pembuatan cetakan undangan dan hardcover. Bahan Yellow Board tidak bisa dicetak sehingga biasanya pencetakan dilakukan di bahan Art Paper setelah itu kertas Art Paper tersebut digunakan melapisi Yellow Board.

Kertas Kalkir

Kertas Kalkir tipis seperti kertas HVS. Ciri khas dari kertas Kalkir adalah tembus pandang. Kertas ini sering digunakan untuk membuat cover buku, undangan. Kertas ini dirancang seperti sebuah kaca yang buram dan dapat dilihat tembus ke bagian belakang kertas tersebut.

Kertas Jasmine

Kertas jasmine sering digunakan untuk mencetak undangan pernikahan dan bahan pembuatan seni kerajinan tangan. Kertas ini mempunyai ketebalan yang mirip dengan Art carton dan memiliki tekstur glitter halus. Bahan kertas ini tersedia dalam banyak pilihan warna dan gramasinya tersedia mulai dari 100g, 120g, 150g.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *